Total Tayangan Laman

Senin, 14 November 2011

OCP Berspedaria ke Araya, Malang.


Event kali ini sebenarnya merupakan event pertama kali buat saya untuk nggowes di luar kota. Beberapa kali diajak teman-teman OCP untuk ikut ke luar kota selalu saja nggak pernah bisa akur sama jadwal kerja shift saya yang sudah fix dan nggak bisa digeser se-centi pun. Terpaksa dengan berat hati harus merelakan moment-moment kebersamaan di beberapa kota dengan perasaan iri sama teman-teman yang bisa menikmati acara tersebut.


Hari Minggu, 13 November 2011 "Araya-Surya Funbike" akan digelar!!
Nah.... bertepatan libur kerja, kali ini saya harus ambil bagian setelah sekian kali nggak bisa ikut....hehehe.Setelah berkoordinasi dengan teman-teman yang lain, saya sengaja berangkat lebih awal menuju kota Malang yang menjadi tuan rumah event funbike kali ini. Sengaja saya mengajak keluarga sekalian weekend (jiah...mak gaya,Cong!) di kota apel ini. Berangkat hari Sabtu siang sepulang anak-anak sekolah kami meluncur menuju kota Malang yang jarak tempuhnya kurang lebih 3 jam dari Paiton dengan kendaraan pribadi ( wuih..niat banget ya?!). Sementara teman-teman yang lain berangkat Minggu jam satu dini hari menggunakan bus. Sedangkan sepeda, mereka angkut menggunakan pick up termasuk sepeda saya juga. Kurang lebih 21 anggota OCP yang turut serta pada event kali ini. Yaa...bisa dibilang lumayan banyaklah yang ikut. Salut deh buat teman-teman OCP yang harus merelakan kenyamanan tidur malamnya terenggut karena harus berangkat dini hari agar bisa datang ke lokasi tepat waktu :(
Itulah sebabnya sampai saya bela-belain berangkat lebih awal dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain khawatir terlambat datang saya
juga bisa istirahat yang cukup di penginapan malam hari sebelum hari H.

Oke mas bro..kembali ke event ya,

Pagi masih dingin di kota Apel saat itu, setelah berganti kostum kebanggaan OCP dan menyiapkan sepeda, teman-teman segera sarapan dengan menu ternikmat pagi itu yaitu "nasi bungkus iwak endog", tapi di lapangan parkir timur plasa Araya sudah berkumpul ribuan peserta funbike yang siap ngengkol pagi itu dengan semangat '45. Mereka datang dari berbagai penjuru kota di Jawa Timur. Ada juga sih yang dari dalam kota Malang dan sekitarnya. Nggak tahu apa motivasi dan alasan mereka semua mengikuti event ini. Entah pingin dapat hadiah yang lumayan keren, atau pingin dapat gebetan baru di lokasi, atau hanya ingin sekedar kongkow-kongkow sesama bikers hehehe....
Apapun alasannya yang penting pagi itu semua menunjukkan antusiasme yang sangat besar. Bayangkan, kurang lebih ada 5000 peserta, Man!!
Sebuah panggung yang berukuran cukup besar lengkap dengan alat-alat musiknya dan seperangkat sound system berdiri megah di tengah lapangan parkir timur Plasa Araya.
Ada beberapa stand penjual makanan, minuman, property dan masih banyak lagi di tenda-tenda yang sudah dipersiapkan panitia. Saya tidak bisa menyebutkan semuanya karena saya tidak sempat melihatnya satu persatu.
Namun sangat disayangkan ada sedikit chaos menjelang keberangkatan pagi itu pada saat panitia mengumumkan ada pembagian decker tangan gratis di salah satu stand panitia. Kontan saja para pemburu gratisan tidak menyia-nyiakan kesempatan itu termasuk saya hehehe....:-p
Di tengah pembagian decker gratis itu tiba-tiba panitia menghentikan pembagiannya dengan alasan nggak jelas. Sementara di kotak kardus terlihat masih banyak decker dengan tulisan dari sponsorship "indosat" yang belum dibagikan. Salah satu peserta yang nggak kebagian langsung protes dan menyulut peserta lain untuk segera membagikan. Karena suasana sudah sangat kacau, panitia lebih memilih cara aman dengan melempar decker-decker itu ke peserta sehingga seperti sedang terjadi hujan duit dari langit. Saling dorong, saling sikut, saling rampas dan hampir saja salah satu teman OCP kita kehilangan kacamata minusnya karena
terlepas dan jatuh dari kedudukannya. Beruntung kacamatanya bisa ditemukan kembali dalam keadaan utuh. Yang namanya rejeki emang nggak kemana-mana, tiba-tiba saja didepan saya sudah tergeletak sesuatu berwarna kuning terang dalam bungkusan plastik kecil. Yess...dapat satu!! Langsung saja saya pungut tanpa harus bersusah payah. Lumayan....
Setelah kejadian yang tak seharusnya terjadi itu panitia segera mengumumkan melalui pengeras suara bahwa pemberangkatan segera dimulai.
Tepat pukul 6 pagi dari pengeras suara terdengar sirine meraung-raung kenceng sekali yang bikin kuping pekak menandai funbike Araya-Surya 2011 di START. Langsung saja ribuan sepeda dari berbagai merk dan model tumpah ruah di jalanan menyusuri kota Malang yang masih agak sepi dari kendaraan bermotor. Benar-benar menjadi pemandangan yang mengasyikkan dan meriah. Beraneka ragam kostum dari berbagai perkumpulan pecinta kendaraan bebas polusi itu menyemarakkan suasana Minggu pagi itu. Banyak juga peserta perorangan dari berbagai usia dan kalangan yang turut berpartisipasi.
Sebuah kejadian lucu sempat mewarnai funbike pagi itu. Di sebuah persimpangan kita berpapasan dengan iring-iringan funbike lain yang mayoritas kostum mereka didominasi warna oranye. Setelah membaca tulisan di punggung kaosnya ternyata mereka adalah peserta funbike yang diselenggarakan oleh PT Pos Indonesia kota Malang. Dan kebetulan juga mereka jalurnya sama dengan jalur funbike kita. Sekejap jalanan kota Malang saat itu dipenuhi oleh sepeda onthel dari dua penyelenggara funbike sekaligus Araya dan PT Pos Indonesia. Kembali terjadi pemandangan yang sangat membuat mata saya takjub. Kolaborasi warna - warni kostum peserta funbike kini didominasi warna oranye!!
Dalam hati saya berkata "Wow...kereeen bangeeet."

Sesampai di persimpangan depan kantor PLN peserta funbike Araya dan PT Pos mulai berpisah. Mereka yang dari PT Pos belok kiri ke arah Pasuruan, sementara kita belok kanan menuju aloon-aloon Tugu. Karena tidak memperhatikan penunjuk arah atau karena bingung, beberapa peserta PT Pos sampai ada yang terbawa arus mengikuti rute Araya funbike. Untung ada teman yang mengingatkan sehingga mereka tidak terseret arus terlalu jauh hahaha......
Panitia menyediakan dua rute. Rute panjang sejauh 27 km, sedangkan rute pendek sejauh 15 km. Persimpangan lapangan Rampal menjadi titik pemisah bagi peserta yang memilih jalur panjang atau pendek. Bagi yang menginginkan jalur pendek peserta dari arah Aloon-aloon Tugu bisa mengambil arah belok kiri. Sedangkan peserta yang mengambil jalur panjang bisa lurus ke arah DODIKJUR RINDAM V BRAWIJAYA Rampal. Melewati Rampal, ingatan saya langsung melayang pada kenangan 18 tahun silam. Mungkin bukan saya saja yang flash back ke
memori masa lalu dimana kita semua masih berstatus sebagai siswa prajabatan di instansi tempat kita bekerja sekarang, menerima gemblengan mental di RINDAM oleh para prajurit dalam rangka pendidikan bela negara. Buktinya, tiba-tiba saja teman-teman OCP yang lain menghentikan sepedanya demi mengabadikan moment tersebut dengan kamera yang dibawanya. Jadilah kita beramai-ramai berpose di depan gerbang DODIKJUR RINDAM V BRAWIJAYA dengan sedikit malu-malu karena menjadi tontonan narsis pemakai jalan dan peserta lain yang lalu lalang.

Setelah mengayuh sepeda hampir 1,5 jam sampailah kita ke garis FINISH. Tapi sebelum memasuki finish kita disuguhi pemandangan perumahan Araya yang asri dan ramah lingkungan. Rumah-rumah berdampingan mesra dengan lapangan golf dan pepohonan nan hijau. Taman-taman tertata apik bikin betah penghuninya. Fasilitas dan sarana keperluan keluarga lengkap tersedia di area perumahan tersebut. Seolah panitia ingin berpromosi dan menunjukkan bahwa perumahan ini dibangun dengan konsep back to nature, dan digarap secara profesional. Kita juga sempat berfoto-foto di sebuah jembatan yang tertera tulisan "KOTA ARAYA" sebagai kenang-kenangan.

Sesampai finish kita disambut oleh mas-mas dan mbak-mbak yang meminta kita untuk memasukkan potongan kupon undian dan menukarkan potongan kupon lainnya dengan snack dan air mineral.

Capek?....nggak juga. Rasanya badan malah lebih seger dan sehat.
Sambil melepas lelah kita disuguhi atraksi anak-anak komunitas free style BMX dari kota Malang. Mereka mempertontonkan atraksi yang menghibur sekaligus bikin penonton berdecak kagum karena kemahirannya memainkan sepeda dengan berbagai aksi yang berbahaya. Di sisi barat anak-anak BMX beratraksi berubah menjadi seperti pasar kaget karena adanya pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam dagangan. Mulai dari aksesori sepeda, kaos dan celana biker, kacamata, wig rambut, bahkan perlengkapan alat rumahtangga juga nimbrung disitu. Semua dijual dengan harga yang nggak terlalu mahal. Dijamin murah meriah. Merekapun meraup untung yang lumayan besar dengan adanya event ini. Itulah salah satu bentuk simbiosis mutualisme disetiap ada keramaian seperti ini. Peserta senang, penjual pun girang karena dagangannya laris manis diserbu pembeli. Di sebelah selatan, di bawah rindangnya daun Trembesi bergerombol anak-anak muda memamerkan kecantikan sepeda fixienya. Dengan warna - warna cerah mencolok, tentu saja membuat semua mata yang lewat tertuju padanya. Dari panggung utama, musik dangdut dengan lagu wajib masa kini "Alamat Palsu"nya Ayu Ting Ting mendayu-dayu keluar dari mulut penyanyi seksi berbaju biru. Penonton pun dibuat bugar kembali setelah ngonthel 27 km.
Jeng...jeng.....Saatnya pengumuman dorprize!!
Satu persatu nomor undian diumumkan. Hadiah demi hadiah pun telah dibagikan kepada mereka yang beruntung. Namun belum satupun peserta OCP yang nomor kuponnya disebut.
Jam sudah menunjukkan pukul 9 pagi, saya harus segera meninggalkan lokasi karena jam 15.00 saya harus kembali ke rutinitas kerja sebagai operator di PLTU Paiton.
Dari informasi yang saya dapatkan ketiga hadiah utama yaitu sepeda motor SUZUKI masing-masing diraih oleh Aprianta (46), warga Jl Panglima Sudirman, Blimbing; Hari suprianto (59) jl Demak, Krembangan, Surabaya; dan Katiman (48) Perum pesona BuringRaya, Kedungkandang.
Selamat kepada para pemenang!! Dan tetaplah bersepeda meskipun kredit motor murah dan mudah :-D
Sayangi bumi kita ini, salah satu caranya adalah dengan mengurangi polusi udara akibat banyaknya kendaraan bermotor selain asap pabrik dan industri.

OK, guys....itu saja yang dapat saya laporkan dari event funbike Araya-Surya 2011 kali ini. Lain kali saya akan coba tampilkan foto-fotonya.


Posted by : OCPblog.




5 komentar:

  1. Mantap bos, ditunggu posting selanjutnya...

    BalasHapus
  2. Siap, Boss.
    Postingan selanjutnya masih menunggu event-event berikutnya hehehe....

    BalasHapus
  3. bos Restu cocok jadi marketing ocp,,mantab

    BalasHapus
  4. katanya ke lembah baliyem..? gak jadi..?

    BalasHapus
  5. Selama mengikuti Fun Bike Araya,ternyata salah satu anggota OCP (Pak Agus Mei) kena jepret masuk koran Surya.....
    http://www.surya.co.id/2011/11/13/5000-biker-ikuti-fun-bike-araya-surya

    BalasHapus